WELCOME!! Selamat Datang penggemar informasi atau berita teknologi terapan



Referensi bagi penggemar informasi atau berita teknologi terapan sederhana, canggih, inovatif maupun mutakhir

INFO-INFO

Selasa, 02 Maret 2010

teknologi sederhana menetralisir air limbah

karya
Air limbah menjadi masalah bagi sektor industri. Akibat limbah yang mereka produksi maka akan berdampak buruk bagi lingkungan dan tanggung jawab moral mereka pada masyarakat sekitar.
Berikut ini sebuah artikel yang bisa menjadi inspirasi dalam mengolah limbah.
Menetralisir pencemaran air dari logam berat
Senin, 04 Mei 2009 - 00:30:46
Tim Planethijau Menetralisir pencemaran air dari logam berat

Lokasi industri yang tidak jauh dari perairan sungai ataupun laut, seringkali mengakibatkan perairan tersebut mengalami pencemaran. Limbah industri seringkali meninggalkan logam-logam berat seperti cadmium, zinc, timah dan besi serta mengakibatkan kerusakan ekosistem.

Menetralisir limbah-limbah tersebut bukanlah hal mudah. Teknologi pengolahan limbah seringkali menekan kondisi finansial suatu perusahaan, tetapi tindakan tersebut tetap diperlukan. Namun berdasar penelitian yang dilakukan oleh tim penelitian yang dipimpin oleh Stephan Kohler dari Graz University of Technology di Austria, ada cara sederhana dan mudah yang bisa dilakukan.

Di satu tempat di pinggir sungai Saigon, Vietnam, tim peneliti tersebut baru saja selesai melakukan pengujian terhadap metode barunya untuk mengatasi pencemaran air. Beberapa industri yang berada di sana menjadi tempat untuk menguji coba bahan pembersih air yang banyak ditemukan di berbagai perairan laut di seluruh dunia yaitu cangkang kerang laut.

Kerang laut memang menjadi bahan hasil penelitian tim tersebut yang murah dan berlimpah. Seperti negara-negara berkembang lainnya, Vietnam juga mengalami masalah air bersih, bahkan jutaan warganya masih belum bisa mengakses air minum bersih. Perusahaan-perusahaan lokal belum mampu sistem penyaringan untuk mengolah air limbah.

Kohler bersama timnya menemukan bahwa dengan menuangkan logam dan air dengan pH asam di atas kulit-kulit kerang yang sudah dihancurkan akan dihasilkan air bersih. Kandungan kulit kerang tersebut adalah kalsium karbonat (CaCO3), maka jika terjadi reaksi kimia, dengan mudah atom-atom kalsiumnya akan mudah terlepas dan mengikat logam-logam dan mengubahnya menjadi berbentuk padat. Proses pembersihan air pun akhirnya menjadi jauh lebih mudah.

Sumber :http://www.planethijau.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=46&artid=1055

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentarnya . Anda bisa menggunakan emoticon kaskus dengan menuliskan kodenya.